May 20, 2006

TRAINING LINUX (2)

Hari Ketiga Training
Hari ini (rabu, 17/5) saya terlambar bangun (06.30) mungkin karena semalam begadang seperti biasa untuk nelpon istri di sinjai. Sampe di t4 pukul 09.05 untung trainingnya belum dimulai.
Hari ini masih membahas tentang Linux System Administrasi dimulai dengan pemrograman shell script, dasar pemrograman saya memang kurang jadi agak keteteran juga mengikuti materi ini, sepertinya perlu belajar lebih banyak lagi tentang pemrograman Big Smile mengingat pentingnya pmrograman shell di linux khususnya buat admin system.
Selanjutnya dibahas tentang bagemana mekompilasi kernel, kernel adalah inti dari daripada suatu Operating Sytem jadi yang mana di sebut linux yaitu tadi kernelnya. kernel menjembatani antara hardware dan software yang menjalankannya. Kompilasi kernel untuk mengupgrade kernel yang sudah ada dengan yang kernel terbaru. Kenapa diupgrade padahal kernel yang sudah ada berjalan baik? alasanya adalah kernel baru mendukung lebih banyak hardware, manajemen proses yang lebih baik sehingga berjalan lebih cepat, lebih stabil dari sebelumnya dan umumnya memperbaiki bug yang ada di kernel sebelumnya.
Pada materi ini diuraikan tentang bagemana melalukan kompilasi mulai dari persiapan yaitu mengetahui hardware yang ada di komputer, mengextract, konfigurasi, kompail sampai mensetting lilo agar menggunakan kernel yang terbaru. Ternyata....ukuran kernel tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya hanya berukuran kurang lebih 1 MB pantas saja ada distro yang dijalankan dari disket. Selanjutnya materi berlanjut kemateri System Administrasi lainnya. Sepulang dari training saya di rumah saja

Hari Keempat Training
Kamis, 18 Mei 2005.
Sebelum membahas tentang Linux Internet & Intranet Server, masih ada materi tentang administrasi system yang perlu diselesaikan yaitu tentang Backup dan Crontab.
Sebagaimana kita ketahui bahwa data sangat penting, lebih penting dari komuter itu sendiri maka perlu diadakan backup data secara berkala seperti tang terjadi di sinjai sebelum saya ke jakarta, ada beberapa penyiar yang kehilangan data2nya, kehilangan ini bisa jadi tidak disengaja mungkin karena salah klik saja namun berakibat sangat fatal.
Selepas makan siang mulai deh di bahas tentang Linux Internet & Intranet Server. Linux Internet & Intranet Server di dalamnya akan dibahas tentang Network File System (NFS), Interopabilitas dengan samba, FTP Server, Domain Name System (DNS), Apache Web Server, Squid Proxy Server, Network Address Translations n Mail Server.
Khusus hari ini yang dibahas tentang NFS dan SAMBA keduanya berguna sebagai server file maksudnya digunakan untuk menshare file di komputer server untuk dipakai oleh client, khusus buat SAMBA dapat di share ke komputer ber-OS windows.
Sehabis pelatihan, saya pulang...... ternyata saya lupa bawa kunci jadi terpaksa saya keluar dulu ke Harco Glodok untuk beli perangkat antena wireless kaleng namun karena saya datangnya terlambat (17.45), toko2 di sana sudah banyak yang tutup tidak jadi deh beli alat2 tersebut, namun saya sempat beli CD-R kosong tapi si ofiq janji nanti hari sabtu mau antar saya lagi ke sana dan sempat juga keliling di glodok siapa tahu ada toko yang jual alat yang saya cari.
Karena saya belum tahu arah ke sana terpaksa pake taksi PP. Perginya tidak ada masalah tapi pulangnya... jalan-jalan macet maklumlah jalan sibuk karena orang2 pulang dari tempat kerja terpaksa si mas yang bawa taksi harus mutar2 cari jalan yang tidak macet, terpaksa bayarnya agak mahal tapi puas jalan2 lihat2 gedung tinggi yang tidak ada di sinjai (dasar orang kampung Big Smile). Ada SMS dari lina kalo rumah di sinjai kebanjiran bahkan sempat masuk ke dalam setinggi tumit pasti orang2 di sana repot membersihkan sisa-sisa banjir, saya di sini jadi was-was juga siapa tahu di sana barang-barang yang terendam.

Hari Kelima Training
Hari ini (19/5) heran bangunnya sepat mungkin karena tidurnya lumayan enak maklumlah habis mutar2 kemarin sampe betis sakit. Bangun pukul 3.15, telpon lina di sinjai sekitar setengah jam lebih terus browsing dan cek email. Tidak tidur lagi sampe pagi, trus brangkat ke t4 training pukul 8 lewat (setelah 2 hari sebelumnya selalu terlambat).
Sesampai di t4 training ternyata saya lupa bawa HP dan kunci rumah terpaksa saya minta izin pulang, ternyata......... setelah sampai di rumah, orang2 sudah pergi semua padahal saya sangat bergantung sama HP.
Training hari ini dimulai dengan materi FTP Server. FTP atau File Transfer Protokol yaitu protokol yg lazim dipergunakan untuk mengirim dan menerima file, pada kesempatan ini kami belajar untuk setting server FTP dengn proFTP.
Materi dilanjutkan ke DNS (Domain Name System) Server. DNS digunakan untuk menerjemahkan alamat web menjadi IP komputer begitu juga sebaliknya. pernah buka yahoo.com? mesin server yahoo tidak bernama yahoo tentunya namun memiliki alamat yang berupa alamat IP 216.109.112.135 nah yang menerjemahkan IP tadi adalah server DNS.
Setelah shalat jumat dan makan siang materi dilanjutka membahas tentang Apache yang merupakan Web Server, di sinilah web dibuat.
Karena saya lupa bawa kunci terpaksa tidak bisa masuk rumah tepaksa keliling dulu tidak tentu arah, sempat juga beli oleh2 sedikit. Sampai di rumah sekitar jam 8 malam.
Training masih menyisakan 2 hari lagi, akan saya ceritakan lagi.....
Rindu Sinjai....

0 komentar: