May 17, 2006

TRAINING LINUX (1)

Akhirnya ke jakarta lagi. Setelah 15 tahun saya kembali lagi ke jakarta (mirip lagunya koes plus ya?). Kalau dibandingkan dulu (1991) jelas banyak perbedaan, yang jelas kalau saya keluar sendirian jauh-jauh pasti hilang ketika pertama kalipun ke jakarta 15 tahun lalu saya juga sempat hilang (makmumlah orang KAMPUNG masuk KOTA).

Saya ke jakarta untuk ikut training linux di salah satu lembaga pelatihan yang cukup terkenal LINUXINDO. Mungkin kalau sempat melihat tulisan saya sebelumnya pasti sudah tahu kalo saya ini linux mania. Kebetulan di kantor tempat saya bekerja mengembangkan E-Government di Kabupaten Sinjai dan saya bertugas sebagai administrator jaringan, dan khusus untuk jaringan OS yang digunakan adalah LINUX. Makanya saya diutus untuk ikut training ini.



Sebelum saya cerita tentang training ini saya mau cerita tentang perjalanan dari Sinjai ke Jakarta. Saya berangkat dari sinjai hari sabtu sore trus sampe di makassar malam minggu. Kebetulan ipar saya tinggalnya di Daya dan bersedia ngantar ke bandara jadilah saya nginap di rumahnya. Pagi-pagi saya sudah berangkat ke bandara, setelah tiba di bandara saya menghubungi Pak Ilyas (dikenalin ama Boss). Nah..... pak ilyas ini yang ngurus segalanya, untungnya ada beliau karena baru pertama kali saya ke bandara n naik pesawat.
Pesawat take off pukul 9.30 n sampai sekitar pukul 10.30, jangan salah bukan 1 jam lamanya perjalanan tapi karena perbedaan waktu, makassar pake WITA n jakarta pake WIB (wah belajar geografi lagi nih) jadi lamanya perjalanan sekitar 2 jam.
Setelah sampai di Jakarta, saya telpon ofiq sepupu di jakarta, dia bilang ada di kalibaru, makanya saya disuruh naik bis ke terminal tanjung priok nanti di sana dijemput ama sepupu yang satu lagi namanya huzaefa. Sampai sore di rumahnya efa, terus kerumahnya ofiq bertiga dengan sinta kebetulan dengan LINUXINDO jadi selama pelatihan rencananya saya mau nginap di sana. Ofiq tinggal sama temenya ocha n nunu.
Hari itu juga saya menghubungi teman2 di jakarta seperti Amir Batau (teman di perbakin unhas), Nurlaely Tenripada (teman di SMA), Imran (Yunior di SMA n milis) n Munawir Razak (Tetangga waktu kecil di Sinjai) siapa tahu diantara mereka ada yang mau traktir makan :D

Hari Pertama Training
Saya heran juga kenapa pagi itu saya bangunnya pagi (05.30) padahal kalo di sinjai selalu terlambat masuk kantor padahal malamnya sampe jam 1 cerita ama ofiq. Oh........iya di rumahnya ofiq ada koneksi internet 24 jam jadi sebelum berangkat sempat chat dulu sama
Setelah mandi n siap2 saya berangkat ke tempat training, berhubung rumahnya ofiq dekat tidak perlu buru2 namun berhubung saya baru pertama kalinya mau ke wisma slipi jadi saya dijelasin jalan yang saya lalui bahkan ocha sempat gambar petanya di whiteboard :).
Sampai ditempat pelatihan saya selesaikan segala administrasinya. Sekitar pukul 09.00 training dimulai, pengajarnya namanya romi, masih muda, cara membawakan materi menunjukkan kualitas LINUXINDO yang yahud, nyantai namun mengena (bisa jadi pengamat nih).
Pada hari pertama ini walaupun membahas tentang First Step Linux (konsep dasar linux) namun banyak yang saya dapatkan tambahan ilmu, misalnya menampilkan GUI selain Ctrl+alt+F7, instalasi melalui jaringan dll.
teman2 di sinjai bahkan kontrol jaringan di sinjai pake ssh.

Hari Kedua Training
Hari ini saya baunya agak telat dibanding kemarin, karena diniharinya sibuk nelpon istri tercinta di sinjai. Kenapa nelpon dinihari.? Iya.. sayakan pake mentari dan kebetulan mentari lagi promosi jam 01.00 sampe 05.00 bebas nelpon ke mentari atau matrix.
Pada hari kedua ini sebagian masih menjelaskan tentang dasar namun setelah lunch sudah masuk ke Linux System Administrator pada pelatihan ini akan dibahas tentang tugas n tanggung jawab admin, SUDO, RPM n TAR, Linux Loader Pemrograman shell Script, xinetd, Backup n cron INIT n run level, konfigurasi printer, kompilasi kernel serta konsep TCP/IP n utilitas. Namun hari kedua ini yang dibahas adalah instalasi RPM n TAR, fstab dan favorit saya SUDO.
Magrib saya sempatkan belanja buku di Gramedia di Mall Taman Anggrek. Walaupun jaraknya agak jauh (1-2 km) saya jalan kaki aja ke sana bukannya kuat jalan tapi takut nanti hilang kalo naik bis begitu juga pulangnya. Di sana saya beli buku tentang Wireless tulisan dedengkot dunia IT indonesia Onno W. Purba, Buku yang membahas LAMP (Linux, Apache, MySQL n PHP), Majalah Info Linux dan terakhir buku tentang HACKING (wouw…..hati2) pokonya hampir 200rb melayang demi ilmu, jadi teman2 yang pesan oleh2 jangan berharap banyak he..he..he..

Nanti disambung lagi ya!

0 komentar: