Oct 29, 2011

Menghindari Perbedaan Perhitungan Gaji dengan Fungsi Round

Bagi bendahara gaji, mungkin sering menjumpai perhitungan gaji yang bila dihitung secara manual (kalkulator) tidak sama dengan perhitungan yang dilakukan dengan perhitungan di spreadsheet macam Libreoffice Calc dan MS Excel. Perbedaan juga tidak terlalu besar malah ada berkisar 1 rupiah saja.
Coba kita lihat gambar di bawah ini :


Pada gambar di atas terlihat tunjangan anak menggunakan rumus gaji pokok x jumlah anak x 2%. Atau di formula dapat dituliskan = G8*F9*0,02. Keterangan : G8 (sel gaji pokok) dan F9 (jumlah anak). Namun ketika dijumlah pegawai pertama dan kedua hasilnya tidak sama terlihat bahwa 86.078 + 43.609 hasilnya 129.686 , nah lho?
Apa yang menyebabkan demikian ? Ini karena tampilan di lembar kerja adalah bilangan bulat namun kenyataannya hasil rumus tersebut ada bilangan yang mempunyai pecahan (86.077,6 untuk pegawai pertama dan 43.608,8 untuk pegawai kedua).
Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa memasang fungsi ROUND di formula, jadi formula yang dibuat =ROUND(G8*F9*0,02)
Apa kegunaan dari ROUND ? Fungsi ROUND digunakan untuk membulatkan angka. Dalam kasus di atas dapat dipecahkan seperti pada gambar di bawah ini.


Di tulisan ini saya menggunakan Libreoffice calc, namun fungsi-fungsinya bisa juga digunakan di Microsoft Excel. Saya menggunakan Calc karena bagi saya MS Excel adalah barang mewah, diluar konteks menggunakan MS office bajakan karena bagaimanapun membajak itu melanggar hukum.
Contoh di atas hanya perumpamaan saja (tidak berdasar daftar gaji), sebenarnya perhitungan tunjangan anak tidak perlu fungsi round karena daftar gaji menggunakan pembulatan ratusan rupiah jadi tanpa round pun tidak akan ada pecahan dibelakang angka namun ini bisa sangat berguna digunakan pada saat menghitung pph dan pembulatan gaji.
Semoga bermanfaat :)

1 komentar:

sangat bermanfaat,,terima kasih sudah berbagi.
saya baru memulai menggunakan linux untuk membuat data laporan kegiatan Bos Jangkrik Jogja dan benar-benar gagap berpindah dari excel